ads

7 Feb 2014

Menurunkan Berat Badan dengan Makanan Sehat Rendah Kalori

Bagi anda yang melakukan program penurunan berat badan, pola konsumsi makanan perlu diatur, salah satunya dengan memperhatikan rendah atau tingginya kalori yang terdapat dalam makanan. Secara umum diketahui bahwa buah-buahan dan sayuran adalah jenis makanan rendah kalori yang sangat baik dikonsumsi baik untuk penurunan berat badan, maupun perawatah kesehatan tubuh.

Makanan rendah kalori yang dimaksud bukanlah makanan yang kandungan kalorinya terlalu 'miskin' loh, tetapi cukup kandungan kalorinya sebagaimana yang dibutuhkan tubuh, dimana biasanya remaja membutuhkan 2000 kalori per hari. Kebutuhan kalori pada pria dan wanita juga berbeda, jumlahnya ditentukan oleh kebutuhan masing-masing setelah dihitung. Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, jangan mengonsumsi kurang dari 1.500-1.800 kalori sehari.

Nah, mau tau jenis makanan apa saja yang termasuk dalam ketegori makanan rendah kalori? All Women Stalk memberitahukannya kepada kita. So, buat anda yang ingin tampil dengan tubuh langsing, mulailah pola makan sehat dengan beberapa pilihan jenis makanan di bawah ini,

Buah semangka yang segar dengan kandungan air yang tinggi
merupakan salah satu buah renda kalori, baik untuk diet


1. Buah-buahan
Buah-buahan seperti jeruk, semangka, aprikot, lemon, stroberi, peach, raspberry, blueberry termasuk dalam daftar makanan berkalori rendah. Buah-buahan yang berserat dan megandung banyak air juga seringkali disebut oleh para ahli nutrisi sebagai 'makanan yang mengandung kalori negatif'. Artinya, jumlah kalorinya aman dan bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dengan cukup. Tidak berlebihan. Buah juga mudah dicerna dan dapat diproses tubuh secara sempurna.

2. Sayuran
Seperti halnya buah yang rendah kalori, banyak jenis sayuran juga rendah kalori namun kaya nutrisi. Misalnya lobak, brokoli, tomat, wortel, ketimun, seledri, selada, kol, daun bawang dan juga bayam. Sayur-sayuran ini membantu tubuh menggunakan kalori yang lebih besar daripada yang dimakan dan membuat usus kita berfungsi dengan baik. Hal ini membuat bentuk tubuh jadi lebih ideal juga baik untuk proses pencernaan.

3. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang merah atau kacang polong dan buncis, hanya mengandung 25 kalori dalam setiap penyajian (sekitar 3,5 ons atau setara 98 gram). Jadi jika Anda mengolah dan mengkreasikannya dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal lain, tentunya akan menghasilkan makanan lezat yang rendah kalori.

4. Rempah-rempah
Segar atau dikeringkan rempah-rempah membantu proses penurunan berat badan Anda, anda tak perlu khawatir karena Indonesia dikenal dengan rempah-rempahnya yang kaya. Maka dari itu lupakan saus dan salad dressing yang mengandung lemak dan gunakan rempah yang sama lezat dalam rasa namun mengandung kalori yang jauh lebih sedikit.

Satu siung bawang putih hanya mengandung empat kalori, namun membuat rasa makanan jadi lebih lezat. Sementara itu daun parsley yang hanya 10 kalori, dan kayu manis yang mengandung enam kalori, bisa menjadikan rasa makanan Anda lebih bervariasi.

Dalam urusan rempah ini, anda perlu belajar bagaimana mengolahnya, tentu bagi anda yang terbiasa dengan saus instan.

5. Keju Rendah Lemak
Diet yang baik dan sehat selalu menganjurkan untuk mengurangi kadar kalori yang dikonsumsi. Maka dari itu, pilihlah makanan yang rendah kalori tapi tetap bergizi dan memiliki rasa yang lezat. Keju cheddar rendah lemak hanya mengandung 20 hingga 40 kalori setiap lembarnya, tergantung pada seberapa besar potongan dan berapa banyak keju yang Anda konsumsi.

6. Putih Telur Rebus
Putih telur merupakan salah satu makanan dengan kadar kalori yang rendah yakni sebesar 16 kalori. Jadi, Anda tetap dapat memakan dua atau lebih putih telur tanpa harus khawatir dengan jumlah kalori yang diasup.


Untuk mendapatkan energi yang cukup, sebaiknya kita mengkonsumsi dua butir telur pada saat sarapan untuk menunjang aktifitas tubuh seharian.

Semoga informasi dalam artikel ini memberikan manfaat buat anda yang sedang menjalankan program perampingan tubuh. Jangan khawatir lagi, sekarang anda dapat memiliki bentuk tubuh ideal tanpa harus tersiksa dengan program diet ini itu, selamat menikmati makanan sehat anda.

Menurunkan Berat Badan dengan Makanan Sehat Rendah Kalori Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa