ads

21 Nov 2015

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal



Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital. Bekerja secara tidak sadar, ginjal menjadi saluran eksresi yang digunakan sebagai penyaring. Selain itu, ginjal juga ternyata rawan akan penyakit. Bahkan banyak jurnal medis yang mengatakan bahwa fungsi ginjal akan menurun sebanyak 10 persen setiap dekade setelah menginjak umur 30 tahun. Pada umur antara 30 hingga 40 tahun, kapasitas filtrasi pada manusia pun akan berkurang. Oleh sebab itu, menjaga ginjal tetap sehat adalah hal penting, agar fungsi ginjal tidak turun drastis sebelum waktunya. Anda bisa mempraktekan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal di bawah ini.


1. Mengelola diabetes, jantung dan tekanan darah

Dalam sebagian besar keadaan, penyakit ginjal adalah penyakit sekunder yang terjadi akibat penyakit primer, seperti penyakit diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Oleh sebabnya, jika Anda ingin menjaga kesehatan ginjal, maka jagalah kadar gula dalam darah Anda, jaga pula pola hidup sehat agar jauh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi asupan garam

Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan natrium dalam tubuh. Hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya tekanan darah, namun juga dapat menyebabkan risiko munculnya pembentukan batu ginjal.

3. Mengkonsumsi air

Mengkonsumsu sekitar 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari mampu menjaga tubuh dari terkena dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi air juga penting sebagai perantara untuk mengeluarkan racun dari ginjal serta tubuh. Bahkan, air putih juga berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

4. Buang air kecil teratur

Air seni yang disalurkan dari ginjal ditahan pada sebuah tempat yang bernama kandung kemih. Biasanya kandung kemih ini dapat menampung 120 - 150 ml urin. Ketika limbah atau air hasil filtrasi tersebut tidak dikeluarkan sebagaimana mestina atau ditahan-tahan, maka yang terjadi adalah kelebihan kapasitas pada kandung kemih yang mempengaruhi juga proses filtrasi pada ginjal.

5. Memperhatikan makanan

Memilah makanan adalah hal yang penting jika Anda ingin menjaga seluruh organ tubuh dari banyak penyakit, termasuk organ ginjal. Ketika Anda lebih sering mengkonsumsi makanan sampah, maka konsekuensinya Anda harus berhadapan dengan berbagai macam penyakit, bahkan hingga komplikasi.

6. Memilih minuman

Selain makanan, minuman juga adalah asupan yang penting. Orang-orang yang lebih sering mengkonsumsi jus buah segar akan lebih sehat dibandingkan orang-orang yang terlalu sering mengkonsumsi kopi dan teh. Terlebih kandungan kafein yang terdapat pada kopi mampu mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh. Hal tersebut benar-benar mengganggu kerja ginjal dalam menyingkirkan sisa-sisa pembuangan. Selain itu, terkadang jus-jus dari sayur mayur pun harus dihindari jikalau Anda sudah terserang penyakit ginjal.

7. Olahraga

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa obesitas berperan dalam masalah ginjal. Oleh sebab itu, wajib bagi kita meluangkan waktu untuk berolahraga. Anda bisa melakukan senam yang ringan, seperti bergerak di tempat ataupun naik turun tangga. Namun begitu, untuk Anda yang sudah terlanjur memiliki berat badan berlebih, olaharaga intensif dengan kadar yang sesuai harus dilakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown