ads

16 Mei 2012

Makanan Sehat yang Mencerdaskan Otak Anak

Makanan yang Mencerdaskan Otak Anak
Makanan pengatuhi perkembangan kecerdasan otak
Siapa yang tidak ingin memiliki anak yang berotak cerdas? Setiap orang tua ingin anaknya lahir dengan sehat dan selamat serta dengan otak yang cerdas. Betapa bahagia rasanya menjadi orang tua dari anak-anak yang cerdas.

Namun untuk mencerdaskan otak anak, perhatian orang tua terhadap makanan yang dikonsumsi anak adalah hal yang penting untuk dilakukan. hal ini karena makanan yang dikonsumsi oleh anak anda tentu saja mempengaruhi perkembangan oratk.

Ada banyak pilihan jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh anak kita, namun tidak semuanya mempengaruhi perkembangan otak anak hingga potensi kecerdasannya meningkat. asupan makanan yang diberikan kepada anak perlu memenuhi standar-standar tertentu. Makanan yang memiliki faktor terhadap pencerdasan otak anak harus diperhatikan baik-baik agar tidak asal memberi makan kepada anak.

Salah satu faktornya adalah asupan makanan sehat bagi si anak terutama asupan zat gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Pada umur 0 sampai dengan 5 tahun otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal atau biasa disebut dengan masa keemasan (golden age), sehingga di masa-masa itu asupan zat gizi khususnya bagi otak sangat penting untuk diperhatikan sehingga nantinya si anak memiliki kemampuan otak yang baik.

Otak merupakan salah satu organ yang “lapar” atau membutuhkan banyak asupan zat gizi oleh karena itu apabila kita menginginkan anak kita cerdas dan pandai, kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan makanan bagi si kecil terutama pada masa golden age.

Bahan makanan yang merupakan asupan yang berkualitas bagi otak si anak antara lain:

Ikan, baik ikan laut (khususnya ikan salmon) maupun ikan air tawar merupakan bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak karena mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA.
Telur, merupakan sumber protein yang bagus, selain itu kuning telur mengandung kolin yang sangat bermanfaatkan untuk meningkatkan memampuan daya ingat otak.

Kacang-kacangan, merupakan sumber vitamin E, antioksidan, tiamin yang berguna meningkatkan kemampuan otak.

Gandum atau nasi, otak membutuhkan glukosa yang konstan yang bisa dipenuhi oleh gandum atau nasi, selain itu gandum atau nasi mengandung serta serta vitamin B.

Buah-buahan, khususnya strawberi, blueberrie atau buah-buahan yang berwarna, dimana buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mengandung vitamin C.
Kacang Kedelai, yang terkandung dalam tahu dan tempe mengandung banyak protein, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral.

Sayur-sayuran, wortel, tomat, bayam dan sayuran yang berwarna banyak mengandung antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel otak.

Susu, banyak mengandung protein dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan otak si anak
Daging, mengandung protein, zat besi dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.

Hal lain diluar faktor makanan yang mencerdaskan anak, tentu orang tua perlu menyadari faktor psikologis dan non teknis lainnya. potensi otak yang cerdas tidak akan maksimal jika orang tua tidak memberikan pendidikan yang baik.

Faktor makanan hanya berperan secara biologis saja dalam tumbuh-kembang seorang anak.

Makanan Sehat yang Mencerdaskan Otak Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa