ads

16 Mei 2012

Tergoda Sedapnya Mi Caluk Aceh

Keindahan alam Nangroe Aceh Darussalam telah mengundang banyak decak kagum pengunjung. Namun, tak hanya alamnya yang menawan, kuliner khas aceh juga terkenal kelezatannya. Bumbu rempah yang kuat menjadi cirri khasnya, misalnya seperti yang dapat dicecap pada hidangan ayam tangkap.

Mi Caluk Aceh
Mie lidi untuk bahan utama Mie Caluk khas Aceh| foto: akusukamasak.com
Aceh memiliki hidangan penggoda selera yang khas. Untuk anda yang gemar makan mi, silahkan mencoba mi caluk Aceh. Sajian mi ini bisa dibilang sebagai salah satu kuliner favorit masyarakat Aceh. Bahkan, begitu populernya mi ini, sampai-sampai disebut spaghetti Aceh. Uniknya, mi ini menggunakan bumbu kacang layaknya pecel. Bisa dibayangkan sensasi rasanya dalam tiap suapan. Kelembutan mi caluk berpadu dengan renyahnya kacang yang dicincang halus.

Sedapnya lagi, tak hanya bumbu kacang yang membuat ketagihan. Sentuhan bumbu rempah yang kuat memperkaya rasa mi caluk. Selain bumbu dengan campuran kacang seperti bumbu pecel, mi caluk juga menggunakan saus merah yang halus. Saus merah ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai dan merica.

Mi dalam mi caluk adalah jenis mi lidi. Disebut mi lidi karena bentuknya tidak membulat seperti helai mi pada umumnya, melainkan berbentuk persegi. Mi caluk juga ditaburi dengan sayuran seperti daun ubi dan cincangan daun kol. Pembuatannya, mi lidi direbus terlebih dahulu. Barulah kemudian kecap manis, kecap asin, dan sayuran dimasak. Terakhir mi lidi dicampurkan bersama bahan lain kemudian masak hingga matang.

Mi caluk dapat disantap dengan kuah mirip kuah sup khas Aceh. Jika menyaksikan mi caluk yang baru saja selesai dimasak, aroma dan tampilannya sungguh mengundang selera.

Jika diperhatikan, makanan khas Aceh memang tidak terhitung, sebutlah kekarah, timpahan dan adee. Namun, mi caluk memang berbeda. Mi khas aceh yang kinikian mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia sama rasanya dengan mi caluk. Mi yang terkenal dari daerah Pidie ini memiliki citarasa yang tiada duanya. Mungkin di kota-kota lain di Aceh, mi Aceh tak susah dicari. Akan tetapi, tetap saja Mi caluk Pidie punya cirri khas tersendiri. Jika anda ragu akan kelezatannya, mengapa anda tidak mencobanya?

Tergoda Sedapnya Mi Caluk Aceh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa