ads

29 Jun 2012

Manfaat Makan Ikan Memperbaiki Mental

manfaat makan ikan terhadap perkembangan mental
Benarkah Konsumsi Ikan Cegah Sakit Mental?
Masyarakat Indonesia, utamanya penduduk di daerah pesisir, telah terbiasa Makan ikan sebagai salah satu sumber makanan sehat. Ikan memang secara umum banyak memberikan manfaat, selain dapat disajikan sebagai sajian makanan lezat yang giurkan selera, ikan juga merupakan makanan sehat yang mengandung banyak manfaat untuk perkembangan otak dan mental.


Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi ikan ternyata dapat mencegah kelelahan mental hingga penyakit demensia. Ini karena ikan dapat meningkatkan aliran darah ke otak dengan mengurangi tingkat kelelahan mental setelah orang melakukan tugas-tugas sulit.

Sebagian besar orang juga sering melakukan acara makan ikan bersama, baik dalam acara syukuran atau apapun. Tak banyak yang mengetahui manfaat ikan dapat memperbaiki mental. Secara umum orang hanya mengetahui manfaat makan ikan terhadap kecerdasan otak. Nah, bagi anda yang masih bermental tempe (Hehehe, maksudnya sebenarnya bukan ini), tak ada salahnya mulai membiasakan makan ikan agar kondisi mental lebih baik dan emosi lebih tenang.

Dari percobaan yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Northumbria, Inggris terlihat kandungan asam lemak omega 3 dari ikan dapat membawa efek baik pada reaksi otak peserta penelitian yang berusia 18 sampai 35 tahun.

"Penemuan ini bisa memiliki implikasi untuk fungsi mental di kemudian hari. Bukti menunjukkan bahwa secara teratur makan ikan berminyak dapat mencegah penurunan kognitif dan demensia, sebab mereka dapat meningkatkan aliran darah ke otak dengan baik," jelas pemimpin penelitian, Dr Philippa Jackson.

Menurutnya hasil penelitian ini (Ikan sebagai makanan sehat) juga menunjukkan betapa ikan juga sangat berpengaruh memperbaiki mental lansia. "Jika lansia saja manfaatnya sudah besar, maka manfaatnya akan lebih besar lagi bagi mereka dengan kondisi degeneratif mental," tambah Jackson.(Sumber: Sehatnews.com)

Konsumsi Ikan Memperbaiki Mental | Makanan Sehat

Manfaat Makan Ikan Memperbaiki Mental Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa