ads

20 Jun 2012

Makanan Sehat untuk Cerdaskan Otak Anda

Makanan Sehat untuk Cerdaskan Otak Anda
Cerdaskan otak dengan makanan sehat yuk!!
Siapa yang tak mau punya otak yang cerdas? Tentu saja setiap orang menginginkan hal itu, namun jika hanya sebatas keinginan saja tentu tak ada gunanya. Ada faktor-foktor biologis yang memberikan pengaruh yang besar terhadap kualitas kerja otak.

Pada dasarnya, kecerdasan otak dipengaruhi oleh asupan informasi yang diterima, sehingga walaupun otak anda berkualitas baik atau memiliki potensi untuk bekerja lebih baik, belum tentu cerdas. Beberapa makanan sehat di bawah ini hanya mendorong asupan gizi untuk otak sehingga baik, dan jangan lupa untuk tetap memperkaya informasi.

Dengan makanan sehat, otak akan lebih mudah merekam dan mengolah informasi-informasi yang terekam dalam memori, lalu saling mengaitkan informasi tersebut. Demikianlah yang dimaksud cerdas secara umum, sehingga faktor utama kecerdasan adalah banyaknya informasi yang direkam oleh otak. Namun di sisi lain, kualitas kerja otak, misalnya merekam dipengaruhi oleh gizi atau nutrisi yang dikandung oleh makanan sehat secara umum.

Oleh karena itu, jangan abaikan mengkonsumsi makanan sehat untuk mencerdaskan otak anda. Kali ini, blog info makanan sehat mempublikasikan 8 jenis makanan sehat yang dapat mencerdaskan otak anda. Yuk mari disimak :d

1. Yoghurt
Yoghurt mengandung vitamin B12 yang sering disebut sebagai "vitamin memori". Vitamin ini umumnya hanya dapat ditemukan secara alami dalam makanan hewani seperti keju, ikan salmon, udang, dan daging sapi.

2. Alpukat
Makanan seperti alpukat atau minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu meminimalkan kehilangan memori pada otak.

3. Jus sayuran
Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, mengandung antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan karena dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan otak. Untuk mendapatkan nutrisi dari sayuran hijau tersebut, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus.

4. Teh hijau
Teh hijau tidak hanya merupakan sumber antioksidan, tetapi juga mengandung kafein yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif, fokus, dan konsentrasi.

5. Telur
Kolin yang terkandung dalam kuning telur, merupakan pembentuk neurotransmitter asetilkolin otak yang mempengaruhi daya ingat.

6. Salmon
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon bukan hanya bermanfaat bagi jantung, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi belajar dan memori di otak.

Makan ikan salmon seminggu sekali dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer karena salmon memiliki jumlah asam lemak omega-3 tertinggi.

Makanan Sehat untuk Cerdaskan Otak Anda7. Wortel
Vitamin B yang terkandung dalam wortel, bayam, paprika merah, dan labu dapat membantu menghasilkan zat kimia di otak yang dikenal sebagai neurotransmitter. Sistem saraf bergantung pada neurotransmiter untuk menyampaikan pesan di dalam otak, seperti yang mengatur suasana hati, lapar, dan tidur.

8. Bayam dan kangkung
Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung merupakan makanan utama bagi kesehatan otak. Bayam dan kangkung mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi yang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan daya pikir otak.



Referensi: detik.com | Makanan Sehat untuk Cerdaskan Otak

Makanan Sehat untuk Cerdaskan Otak Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa