ads

14 Jun 2012

Tips atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda

Tips atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda
Naiknya tingkat hormon menyebabkan sel sekretorik di perut dimana dapat meningkatkan asam lambung. Pada saat yang sama, usus melambatkan kemampuannya untuk mengosongkan isi perut. Hal inilah yang menyebabkan rasa mual dan muntah.

Gejala morning sickness bisa terjadi tidak hanya di pagi hari, tapi juga seharian penuh. Biasanya, gejala ini dialami wanita hamil pada trimester pertama kehamilan, tapi ada juga yang mengalaminya selama sembilan bulan penuh.

Untuk membantu Anda mengatasi morning sickness atau mual-muntah selama awal kehamilan ikutilah Tips atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda berikut ini :

  1. Makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar karena hanya akan membuat Anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu Anda dapat makan dengan porsi kecil tapi sering.
  2. Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual Anda. Banyak - banyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, dan biskuit.
  3. Pada pagi hari ketika bangun tidur, jangan terburu - buru beranjak, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila Anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi, siapkanlah snack atau biskuit di dekat tempat tidur Anda , sehingga Anda dapat memakannya dahulu sebelum Anda mencoba untuk berdiri.
  4. Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual Anda.
  5. Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih atau jus. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
  6. Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi Anda tetap memerlukannya untuk kehamilan Anda. Bila mual muntah sangat hebat konsultasikan ke dokter Anda sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan Anda konsumsi. Dan dokter Anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.
  7. Vitamin B6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, namun sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk pemakaiannya.
  8. Biasanya orang menggunakan jahe untuk mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Silakan mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk membantu mengatasi rasa mual.
  9. Istirahat dan rileks akan sangat membantu Anda mengatasi rasa mual dan muntah. Karena bila Anda stress hanya akan memperburuk rasa mual Anda. Cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan Anda.

Baca juga : Piramida Makanan untuk Ibu Hamil

Sumber: dontrynug-tutorial.blogspot.com - Tips atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda

Tips atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mainusa