ads

12 Nov 2012

Nasi Timbel itu Nasi Berbungkus Daun Pisang

nasi timbel khas bandung
Nasi timbel dan aneka lauk

Manfaat Nasi berbungkus daun pisang membuat nasi bisa bertahan panas agak lama. Trik nasi dibungkus daun pisang sudah sejak lama dilakukan oleh para leluhur kita. Seringkali karena perjalanan panjang dan membawa bekal untuk perjalanan, nasi ini dibungkus dengan daun pisang agar bisa disantap di tengah-tengah perjalanan.

Mengingat orang Indonesia yang sangat gemar menyantap nasi, maka nasi dengan bungkus daun pisang adalah salah satu menu andal masyarakat terutama Sunda. Nasi ini disebut Nasi Timbel. Ada juga nasi dibungkus daun pisang yang juga diselipkan lauk di dalamnya, misalnya daging empal atau ayam goreng. Nasi ini dalam adat Jawa disebut dengan Nasi Golong.

Cara mengemas nasi timbel, saat nasi masih cukup panas, bungkus dengan daun pisang dengan gaya bermacam-macam sesuai selera anda. Tambahkan isi lauk di dalam nasi bila perlu. Nasi Timbel sangat cocok digunakan untuk piknik di lokasi wisata. Daun nya pun otomatis bisa digunakan sebagai alas makan. Bawa sambal selera keluarga anda dan masukkan dalam plastik atau tupperware. Maka waktu piknik anda dan keluarga akan semakin nyaman dengan kehadiran Nasi Timbel

Di warung nasi Bancakan, di kotamadya Bandung, ada menu nasi timbel tersedia disana. Lauknya pun beragam tergantung selera. Sambalnya juga bermacam-macam. Semua terhidang secara prasmanan. Ini adalah lokasi makan yang sangat direkomendasikan bila anda sampai di Bandung.

Manggaa..

Nasi Timbel itu Nasi Berbungkus Daun Pisang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ikadaengtene@gmail.com